Jumat, 16 November 2012

TIPS Merawat Computer


Hai teman teman disini saya akan memberikan beberapa tips dalam merawat computer yaitu sebagai berikut :

·         Jangan mematikan computer secara paksa dengan menekan tombol owwer,tunggulah sampai Windows benar-benar telah mati ter-shut down dengan sempurna.
Kecuali ketika computer anda crash dan terkunci (hang) dimana lampu harddisk tdak berkedip yang menunjukkan bahwa harddisk sudah tidak bekerja. Dalam situasi ini, menekan tombol off cara satu-satunya. Cara ini dilakukan jika benar-benar situasi membuat kita untuk melakukannya.

·         Gunakan UPS (uninterruptable power supply) untuk menjaga computer dari crash selama listrik pada. UPS juga melindungi computer dari turun naiknya tegangan.

·         Backup data, Gunakan 2 drive yang terpisah seperti (hard drive eksternal, zip disk, CD-RW dll)

·         Jalankan Scandisk dan Defragmentasi setidaknya sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive agar tetap baik dan mencegah crash.

·         Jangan cabut perangkat atau peripheral dari computer ketika sedang menyala. Mencabut ketika computer sedang menyala dapat mengakibatkan hubungan singkat pada soket konektor atau motherboard. Satu-satunya pengecualian adalah jika anda menggunakan peripheral “hot pluggable”.

·         Sisakan setidaknya 300MB pada drive C untuk digunakan oleh Windows. Jika menggunakan Windows XP atau Vista maka sediakan space kosong di drive C sekitar 400-600 MB. Hapus program aplikasi yang tidak diperlukan dengan menggunakan ADD/Remove pada panel control Windows untung pemakaian mengurangi space.

·         Periksa dan kurangi program aplikasi yang di load secara otomatis saat start-up Windows. Program aplikasi seperti ini menggunakan memory dan Windows Resources.

·         Gunakan dan lakukan pemeriksaan dengan program antivirus secara teratur.

·         Program firewall juga penting untuk membatasi akses dar dunia luar menuju ke sistem anda. Beberapa firewall juga dilengkapi dengan fitur alarm yang akan memberitahukan kepada anda bila ada aktivitas mencurigan pada sistem yang anda gunakan.

·         Ketika anda membeli peripheral atau perangkat lunak baru biasanya Anda mendapatkan CD berisi driver dan program aplikasi untuk menunjang dan dibutuhkan dalam penggunakan perangkat baru tersebut. Jika karena satu dan lain hal, kita harus menginstall ulang Windows, maka kita akan membutuhkan driver dan aplkasi tadi. Oleh karena itu simpan baik-baik CD instalansi dtempat yang aman dan mudah diingat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar