Minggu, 01 Desember 2013

Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah dan Kerangka Karangan

Kerangka tulisan ilmiah



Kerangka tulisan ilmiah adalah rencana penulisan yang membuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan ditulis, dan merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas,terstruktur, dan teratur. Kerangka tulisan ilmiah terdiri dari judul kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, landasan teori, pembahasan, penutup, daftar pustaka dan lampiran.
 



       








BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi sekarang ini berkembang sangat pesat, begitu juga dengan media promosi ternyata selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Media Promosi merupakan suatu alat untuk mengkomunikasikan suatu produk atau jasa perusahaan ataupun yang lain untuk dapat lebih dikenal masyarakat lebih luas. Promosi adalah cara formal yang memungkinkan bagi para pengusaha untuk menyampaikan pesan-pesannya kepada khalayah.
Merujuk kepada media promosi yang telah diuraikan sebelumnya, media promosi hasil gabungan teknologi cetak dan komputer saat ini dapat diwujudkan dengan teknologi Augmented Reality, dimana teknologi ini dipakai untuk membantu aktivitas manusia terutama untuk media promosi. Banyak sekali bidang yang telah menerapkan konsep Teknologi Augmented Reality ini, misalnya saja bidang pendidikan, promosi, pemasaran,  simulasi dan lain sebagainya. Pada saat ini konsep teknologi Augmented Reality cukup banyak digunakan untuk memperkenalkan bagian bangunan dan fasilitas yang ada dalam bidang promosi. Contohnya untuk mempromosikan sekolah dasar. Dalam hal ini, calon siswa atau orang tua siswa sebagai pengguna media promosi Augmented Reality, dapat melihat keadaan bangunan sekolah dan fasilitas yang ada di sekolah dasar tanpa harus menuju ke sekolah dasar tersebut, akan tetapi calon siswa atau orang tua siswa cukup menghadapkan marker sebagai penanda ke depan kamera komputer lalu secara langsung  pada layar computer akan muncul bangunan sekolah dasar yang akan calon siswa tempati nantinya untuk menuntut ilmu.
Pada tulisan ilmiah ini penulis berusaha mengembangkan media promosi dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality yang akan di beri judul “Media Promosi Taman Kanak-Kanak Islam Kurnia Lestari Berbasis Augmented Reality”.


1.2  Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana membuat media promosi Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Kurnia Lestari berbasis Augmented Reality yang berjalan pada aplikasi desktop dengan menggunakan software blender dan ARToolkit serta menggunakan metode marker based tracking, berisikan Tiga marker yang masing-masing marker akan menampilkan bagian-bagian ruangan Taman Kanak-Kanak (TK).  Output dari aplikasi ini dapat dilihat dengan menggunakan camera/webcam pada desktop.

1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah membuat objek tiga dimensi berupa ruang-ruang taman kanak-kanak yang nantinya akan digunakan dalam media promosi. Dengan adanya objek ini, diharapkan dapat mempermudah user untuk melihat dan memahami fasilitas yang ada tersebut dengan bantuan desktop atau media yang mendukung teknologi berbasis Augmented Reality. Sehingga calon murid terlebih dahulu bisa mendapatkan pengalaman visual dengan melihat langsung lingkungan taman kanak-kanak dan dapat mengenali ruangan beserta fasilitas didalamnya dengan lebih detail dan terperinci.
1.4  Metode Penelitian
Dalam penulisan ini, penulis menggunakan beberapa metode. Adapun langkah-langkah yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Studi literatur
Dimana penulis mendapatkan bahan-bahan untuk penulisan ini dengan cara mengumpulkan berbagai referensi yang menunjang penulisan dan pembuatan aplikasi. Tahapannya dengan mencari literatur yang berkaitan dengan teknologi Augmented Reality.
2.      Pengumpulan data
Mengumpulkan data berupa foto bangunan dan ruangan kelas taman kanak-kanak yang akan dijadikan augmented reality.
3.      Perancangan
Pada tahap ini, dibuat perancangan aplikasi berbasis Augmented Reality dengan menggunakan software library yang telah ditentukan, dalam hal ini penulis menggunakan software library ARToolkit.
4.      Pembuatan model tiga dimensi
Tahap ini merupakan tahap pembangunan model-model tiga dimensi seperti modeling, texturing, animating serta exporting. Software yang digunakan adalah Blender 2.64.
5.      Pembuatan aplikasi
Pada tahap ini merupakan tahap pembangunan aplikasi augmented reality dengan mengunakan software library ARToolkit, serta software pendukung lain untuk membangun fitur-fitur aplikasi.

1.5  Sistematika Penulisan
Secara garis besar, penulisan ilmiah ini dibagi dalam empat bab dengan sistematika penulisan sebagai berikut:
BAB I      :     PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II    :     LANDASAN TEORI
Berisi tentang pengertian media promosi, penjelasan Taman Kanak-Kanak, augmented reality, modeling tiga dimensi, teori-teori yang mendukung augmented realitydan software library yang digunakan.

BAB III :    ANALISA DAN PEMBAHASAN
Merupakan bab yang membahas tentang perancangan aplikasi, dimulai dari gambaran umum aplikasi, pembuatan model-model tiga dimensi, marker, script program, packagingserta penggunaan aplikasi.
BAB  IV  :     PENUTUP
Berisi tentang  penutup yang membahas kesimpulan dan saran yang diajukan agar dapat menjadi bahan pertimbangan untuk penyempurnaan dari penulisan ini.

Sabtu, 09 November 2013

BOROBUDUR



Borobudur adalah nama sebuah candi yang treletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Monument ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tga peralatan melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relef dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Stupa utama terbesar terletak ditengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddga tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekalIgus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di jawa serta mulai memasuknya pengaruh islam. Dunia mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jendral Inggris atas Jawa. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintas Republik Indonesia dan UNESCO.  Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.




Minggu, 03 November 2013

INDONESIA



Indonesia adalah Negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Dengan populasi sebesar 237 juta jiwa pada tahun 2010, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa ddan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah suku terbesar dengan populasi mencapai 41,7% dari seluruh penduduk Indonesia. Semboyan nasional Indonesia, “ Bhinneka tunggal ika” (“Berbeda-beda tetapi tetap satu”), berarti keberagaman yang membentuk negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur