Sabtu, 21 April 2012

Tips Mudah Menggunakan Search Engine

1. Pilih Istilah Yang Penting
 Coba pilihlah kata / isitilah utama yang ingin di pilih tadi . Pilihlah kata yang penting dalam informasi yang ingin kita cari tersebut.
2. Dahulukan Kata Benda Dan Obyek
 Jika dalam Informasi yang ingin anda cari terdapat sebuah kata dan benda , maka dahulukan lah kata benda dan obyek tersebut menjadi kata kunci .
3. Pertimbangkan isitilah lain
 Pada saat mencari informasi maka ada baiknya anda bisa mencermati lagi kata kunci yang sudah kita pilih tadi, dan pertimbangkanlah kata atau isitilah lain yang mempunyai arti sama. Dan itu berarti kita sebaiknya mempertimbangkan padanan kata dan cara penulisan lain . Misalnya , jika kita menyertakan kata " Partisipasi " sebagai kata kunci , maka pertimbangkan untuk menyertakan frase "Peran Serta " sebagai kata kunci . Untuk contoh lainnya , pertimbangkanlah juga jika informasi yang kita cari terdapat sebuah kata kunci " Sukarno " maka pertimbangkan menggunakan kata "Soekarno " menjadi kata kunci dari informasi yang ingin anda cari
4. Menentukan hubungan antar istilah
 Dari perkumpulan kata dan istilah yang menjadi kata kunci itu. tentukanlah hubungannya. Misalnya , hubungan antar " Partisipasi " dan frase " Peran Serta " adalah bersifat alternatif. Begitu juga halnya dengan hubungan kata " Soekarno " dengan kata " Sukarno ". Sementara hubungan antara kata "Partisipasi " dengan " Sukarno " lebih bersifat menyertai ( including ) . Penentuan hubungan antara kata atau istilah ini sangat lah bermanfaat ketika kita mencari sebuah informasi yang dapat menyajikan hasil pencarian yang lebih baik.
5. Tanda (“)
 Ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata hacking dan security dan kata tersebut tidak dipisahkan oleh kata-kata yang lain. Ketik di search engine : “hacking dan security” maka search engine yang bersangkutan akan mencari kata hacking dan security yang katanya tidak dipisahkan oleh kata-kata lain. Apabila ada artikel yang mengandung kata hacking dan security yang katanya dipisah kan oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang bersangkutan. Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh berikut ini: +kuliah +”ilmu komputer” –bayar. Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer kata ilmu komputer tidak akan dipisahkan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan artikel tersebut bila terdapat kata bayar. Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk memisah kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh Ketik di search engine : ilmu komputer Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau yang mengandung kata kedua-dua nya.
6. Tanda (+)
 Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata hacking,security dan internet. Anda dapat mengetikkan kata di search engine : +hacking +security +internet. Jika terdapat artikel yang memuat salah satu atau dua kata tersebut diatas tidak akan ditampilkan .hanya artikel yang memuat tiga kata tersebut yang di tampilkan . Tanda + dibaca oleh search engine sebagai DAN symbol ini dapat dipakai sebanyak-banyaknya misalnya: +harga +komputer murah +untuk +wilayah +medan.
7. Tanda (-)
 Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata statistic penduduk sumatera kecuali Medan.Ketik di search engine : +statistic+penduduk+sumatera-Medan. Search engine yang bersangkutan akan mencari di internet artikel yan mengandung kata Statistik penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan. Atau seperti ini +tempat+wisata+bali-kuta. Maka search engine akan menampilkan artikel tentang tempat wisata di bali dan pada artikel tersebut tidak terdapat kata kuta. Tanda – dibaca oleh search engine sebagai KECUALI.
8. Simbol Bolean
 Seperti yang kita ketahui symbol bolean adalah kata-kata OR, AND dan NOT. Kita dapat menggunakan symbol tersebut dalam mencari informasi di internet.
• Bolean OR Pada dasar nya symbol bolean OR sama seperti apabila kita menggunakan spasi contoh : ilmu OR komputer .Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau kata komputer atau kedua-duanya.
• Bolean AND Penggunaan bolean AND sama dengan karakter/tanda + Contioh : ilmu AND komputer.Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu komputer apabila tidak terdapat salah satu dari kata tersebut tidak akan di tampilkan.
• Bolean NOT Penggunaan bolean NOT sama dengan tanda (- ) contoh saya akan mencari infor- masi tentang statistic penduduk di sumater tetapi tidak termasuk medan. Ketik di sdearch engine : Statistik AND penduduk AND sumater NOT medan.Search engine akan menampilkan web yang berisi kata statistic penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan.
• Bolean NEAR Contoh : saya ingin mencari kata ilmu computer yang jarak antara kata tersebut berdekatan. Ketik di search engine : ilmu NEAR komputer maka search engine akan menampilkan web yang berisi kata ilmu komputer yang jarak antara kedua kata tersebut berdekatan. Penggunaan Bolean tersebut diatas dapat juga digabungkan.Contoh mencari definisi dari kata cinta atau kasih maka dapat di ketik di search engine : definisi AND (cinta OR kasih) Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata definisi cinta atau definisi kasih.
9. Penggunaan Host
 Pencarian informasi dapat juga dengan menggunakan kata Host, Contoh:
 • Mencari website ilmu komputer.com maka dapat diketikkan di search enginehost: ilmukomputer.com
 • Mencari kata php di website ilmukomputer.com maka dapat diketikkan kata : php host: ilmukomputer.comatau host: ilmukomputer.com php.
 • Mencari kata pertahanan di situs-situs pemerintahan Indonesia maka dapat diketikkan di search engine: pertahanan host: go.id.
 • Symbol/karakter matematika dapat juga digabungkan dalam pencarian ini contoh: Mencari kata pesawat tetapi bukan yang terdapat didalam website menristek.go.id maka dapat diketikkan di search engine : pesawat-host: menristek.go.id.
10. Mencari informasi berdasarkan type file
 Ada sebagian orang mencari informasi berdasrkan type file. Contoh:
 • Mencari artikel tentang hacking dan security dan artilkel tersebut harus dalam format pdf. Dapat diketikkan di search engine : +hacking +security filetype: pdf, dan search engine akan menampilkan artikel tentang hacking dan security dengan format pdf
• Mencari artikel tentang ilmu komputer didalam website yang sufiksnya ac.id artikel tersebut harus file bertype pdf makadapat diketikkan di search engine : +ilmu +komputer filetype:pdf host ac.id
11. Mencari informasi berdasarkan judul situs
 Kita juga dapat mencari situs web berdasarkan judulnya .contoh : Ketik di search engine title: komputer maka search engine akan menampilkan situs yang mengandung judul komputer. Namun pada search engine yahoo tidak mengenal kata TITLE tetapi hanya disingkat T.
12. Mencari informasi berdasarkan URL
 Pencarian dengan cara ini akan menampilkan URL yang diminta. Contoh :
• nurl:komputer Maka semua search akan menampilkan semua URL yang ada kata komputernya seperti www.ilmukomputer.com/komputer dsb.
• php inurl:ilmukomputer.com maka search engine akan menampilkan seluruh artikel yang mengandung kata php pada subdomain ilmu komputer. Dan pada google juga mengenal kata allinurl tetapi pencarian ini hanya terbatas pada subdirectory, Sedangkan sampai ke level file atau dengan kata lain inurl lebih dalam pencariannya tidah hanya terbatas pada subdirectory.Dan yang perlu di ingat tidak semua search engine mengenal karakter matematika dan Bolean.
13. Intitle
 Untuk mencari kata-kata dari judul suatu halaman web. Contoh: Keyword: intitle:Admin Administrasi Keyword tersebut akan mencari judul halaman “Admin” dengan deskripsi “Administrasi”
14. Allintitle
 Untuk mencari kata-kata dari judul halaman web secara lengkap. Contoh: Keyword: allintitle:Admin AdministrasiKeyword tersebut akan mencari judul halaman yang mengandung kata “Admin” dan “Administrasi”
 15. Inurl
 Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu. Contoh: Keyword: inurl:Admin Administrasi Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Admin” dengan deskripsi “Administrasi”
16. Allinurl
 Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu. Contoh: Keyword: allinurl:Admin AdministrasiKeyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Admin” dan “Administrasi”
17. Site
 Untuk mencari dalam suatu situs tertentu saja Contoh: Keyword: site:echo.or.id Semua pencarian hanya berdasarkan site “echo.or.id”
18. Cache
 Ketika Googlebot mengindeks suatu situs, google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator ini membantu melihat halaman-halaman yang telah dicache. Contoh: Keyword: cache:echo.or.id.Misalkan site aslinya sudah tidak aktif, anda tetap dapat melihatnya pada snapshot/cache yang disimpan oleh Google.
19. Define
 Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan diperlakukan sebagai satu frasa. Contoh: Keyword: define:hacker , maka akan muncul tampilan yang berisi tentang pengertian dari hacker.

sumber:
http://zonetinue.blogspot.com/2011/09/tips-pencarian-dengan-search-engine.html
http://www.sukague.com/2011/07/tips-mencari-informasi-yang-akurat-di.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar